ALAMAT TUHAN YESUS KRISTUS

ALAMAT TUHAN YESUS KRISTUS
Matius 25 : 31 – 46
Oleh : EV. Andereas Dermawan

BERITA PENTING!  BERITA PENTING!  BERITA PENTING!   ARTIKEL SAYA  KALI INI  BUKANLAH  SEBUAH KHOTBAH ATAU RENUNGAN, TAPI SAYA MEMBAWA BERITA YANG SANGAT URGENT UNTUK DIKETAHUI SEMUA ORANG DI DUNIA INI SIAPA SAJA TERMASUK ORANG KRISTEN MAUPUN BUKAN KRISTEN, PENDETA MAUPUN BUKAN PENDETA. YAITU TENTANG  SIAPAKAH  TUHAN YESUS ITU? DIA ADALAH TUHAN PEMEGANG KUNCI SURGA DAN KUNCI NERAKA YANG MAU SAYA BERITAKAN MELALUI TULISAN INI. KETAHUILAH BAHWA HUKUMAN NERAKA BUKANLAH SUATU DONGENG TETAPI AKAN MERUPAKAN SUATU  KENYATAAN, SAMA HALNYA DENGAN KEMATIAN  MAKA HUKUMAN NERAKA ADALAH SUATU HAL YANG PASTI DIALAMI SEMUA MANUSIA DI DUNIA.

Dan yang menentukan siapa penerima surga atau neraka bukanlah ditentukan oleh timbangan  baik- jahatnya seseorang tetapi  TUHAN YESUS ADALAH PENENTU ATAU  SANG DECISION MAKER  UNTUK MENENTUKAN SIAPA YANG BERHAK ATAS SURGA DAN ATAS SIAPA YANG BERHAK ATAS NERAKA. SEBAB ITU BERTOBATLAH SEGERA!!

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN BERTOBAT?? JANGAN KELIRU!!  BERTOBAT BUKANLAH  DITENTUKAN OLEH AGAMA YANG DIANUT SESEORANG! KARENA AGAMA BUKANLAH TUHAN!  JUGA JANGANLAH KELIRU! JANGAN  MENGARTIKAN PERTOBATAN SEPERTI YANG DI AJARKAN ORANG DI DUNIA INI, BAHWA MEREKA MENGIRA DENGAN BERBUAT BAIK, BERAMAL, BERPRESTASI ADALAH  BENTUK PERTOBATAN YANG DISYARATKAN OLEH TUHAN. SAMA SEKALI BUKAN!!

PERTOBATAN DIMULAI DARI PERJUMPAAN MANUSIA DENGAN TUHANNYA. PERTANYAANNYA TUHAN YANG MANA? SEMUA AGAMA MENGKLAIM BAHWA MEREKA PERCAYA KEPADA TUHAN. SELAKU HAMBA KRISTUS, SAYA BERITAHUKAN SUPAYA ANDA JANGAN SALAH ALAMAT!  BAHWA TUHAN DI MANA SAYA MENGABDI ADALAH BERNAMA TUHAN YESUS KRISTUS DAN SAYA DENGAN YAKIN MENGETAHUI ALAMATNYA DI DUNIA INI BERDASAR PADA UCAPAN TUHAN YESUS SENDIRI DI MATIUS 25 : 31 – 46

LEPAS DARI SAUDARA PERCAYA ATAU TIDAK!  YANG TERPENTING SAYA SUDAH BERITAKAN BERITA PERTOBATAN INI! KARENA SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN YANG DIMAKSUD DENGAN BERTOBAT ADALAH PERJUMPAAN MANUSIA DENGAN  TUHAN YESUS DALAM RUPA KEMANUSIAANNYA BUKAN DALAM RUPA SPRITUALITASNYA  ( Mahluk ROH ).

SAYA BERHARAP ANDA  SETELAH MEMBACA MAKLUMAT INI TIDAK LAGI MENGERASKAN HATI MELAINKAN ANDA MULAI MELAKUKAN LANGKAH AWAL PERTOBATAN. APA LANGKAH AWAL PERTOBATAN ITU?  YAITU MAU MERESPONI DENGAN SERIUS BERITA PERTOBATAN INI!  KETIKA TUHAN YESUS, RASUL PAULUS, RASUL PETERUS MENYAMPAIKAN BERITA INJIL PERTOBATAN, MAKA  PERHATIKANLAH DENGAN SEKSAMA APA RESPON ORANG ORANG YANG MENGAMBIL LANGKAH PERTOBATAN?

ORANG ORANG ITU TIDAK MERESPONNYA DENGAN BERKATA : Kami kagum! Atau  khotbahnya bagus! Atau khotbahnya lucu menghibur, enak didengar, tetapi marilah kita perhatikan respon para pendengarnya, RESPON MEREKA ADALAH SUATU SIKAP HORMAT DAN TAKUT!  MEREKA MERESPONINYA DENGAN MENGATAKAN :  APAKAH YANG HARUS KAMI PERBUAT SUPAYA SELAMAT?

Nah sekarang anda bandingkan dengan para pendengar khotbah para imam/ parisi modern zaman ini. Bagaimana respon pendengarnya? Bukankah respon respon seperti   ini : khotbah anda bagus, saya kagum, khotbahnya lucu dan menarik.

Itulah sebabnya para imam tidaklah membawa orang pada pertobatan. Mereka melakukan Mal praktek. SEBAB ITU INTI AJARAN YESUS  MENJADI JELAS DI SINI DENGAN MENGATAKAN  KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI, MERUPAKAN KESIMPULAN DARI  ALKITAB YANG BEGITU TEBAL. INILAH FAKTA YANG TELAH TERJADI LEBIH DARI 2000 tahun yang lalu, yaitu Allah yang  jauh menjadi dekat oleh karena incarnasinya menjadi manusia dan bersahabat dengan manusia.

Dan suatu fakta pula bahwa Yesus ditolak oleh orang orang di dunia ini terutama oleh para pemimpin agama yang tetap bertahan dengan status imamnya, dan tidak mau melepaskan statusnya untuk mengikut Yesus. Dan mereka merumuskan Tuhan sesuai jalan ajaran agama masing masing. Pijakan mereka tetap sama dengan para imam/ pemimpin agama dalam perjanjian lama, bahwa Tuhan adalah sesuatu yang  SPRITUAL/ROHANI, yang bisa dijumpai dalam upacara ritual keagamaan yang dipimpin oleh para imam, sebagai orang orang yang dianggap ahli dibidang spritualitas.dan cara/ jalan ini terbukti gagal mendamaikan/ mempertemukan  manusia dengan Allah.

Sebab itu Allah menggunakan opsi terakhir untuk mempertemukan manusia yang berdosa dengan diriNya. Yaitu Ia yang adalah Rohkudus itu datang langsung menjelma menjadi manusia dalam rupa Yesus Kristus. Supaya dengan demikian Allah yang tadinya jauh menjadi dekat dengan manusia.

Namun pada kenyataannya Allah yang turun ke dunia, ditolak oleh dunia ini, karena dunia tidak mengenalnya. BERITA TENTANG KEBERADAAN YESUS SANGATLAH PENTING UNTUK DIBERITAKAN PADA MASA KINI, KARENA INI  MERUPAKAN LANGKAH AWAL BAGI SESEORANG UNTUK MENJADI PENGIKUTNYA. BAGAIMANA SESEORANG DAPAT MENGIKUT YESUS SEBAGAI MAJIKANNYA, KALAU SECARA KASAT MATA IA TIDAK PERNAH BERJUMPA DENGAN SANG INCARNATOR, ATAU  WUJUD PENJELMAAN YESUS DI DUNIA INI?

BANYAK ALAMAT KEBERADAAN TUHAN YANG DIAJARKAN OLEH PARA IMAM DI DUNIA INI, DENGAN MEMBANGUN GEDUNG2 IBADAH  YANG MEGAH DAN MENYUGUHKAN PRODUK RITUAL YANG MENARIK.

APAKAH ALAMAT TUHAN YESUS ADA DISITU? MUNGKIN AKAN ADA PRO KONTRA. TETAPI SAYA  HARUS BERPEGANG PADA APA YANG DIAJARKAN OLEH KRISTUS  MAJIKAN AGUNG SAYA, YANG MENGATAKAN BAHWA PADA SAAT KEDATANGANNYA GEDUNG GEDUNG IBADAH BUATAN MANUSIA ITU AKAN DIHANCURKAN DAN DIGANTI OLEH KEBERADAAN ORANG ORANG PILIHANNYA.

Tentang  alamat keberadaan Yesus di zaman akhir ini.  Lepas dari saudara percaya atau tidak berita ini. Namun bagi saya ini merupakan  tugas saya sebagai pesuruhNya, yaitu untuk memberitakan kabar gembira ini kepada orang orang pilihanNya.

Apakah saudara termasuk orang orang pilihanNya?  Saya tidak tahu, itu tergantung bagaimana saudara  merespon berita  yang   saya sampaikan ini!

Tapi kira kira apa saudara  mengenal siapakah Yesus itu? Jangan jangan saudara sudah terbiasa menyebut nama itu, tapi  tidak tahu pribadi Yesus yang sebenarnya.  Di-berapa Negara misalnya di Filipina dan Negara Amerika latin banyak orang diberi nama  Yesus, tapi di Indonesia kalau tidak salah saya belum pernah  mendengar  orang diberi nama Yesus.  Banyak orang Kristen  sangat  lancar menyebut nama Yesus tanpa mengenal  Yesus. Jadi  jangankan  mengetahui alamatnya mengenal siapa pribadi Yesus saja belum tentu mereka mengetahuinya.

Pada tulisan saya sebelum ini, saya pernah mengungkapkan akan keberadaan Tuhan, dalam hal ini yang saya maksud adalah keberadaan Tuhan kita Yesus Kristus. Saya telah memberitahu anda bahwa untuk mengetahui  alamat Tuhan anda bisa ketahui melalui  Alkitab. Namun Alkitab itu  bukan Tuhan! Alkitab itu hanyalah buku yang mati, kalau kita tidak mengikuti petunjuk petunjuk yang tertulis di dalam Alkitab. Saya pernah mengatakan dalam tulisan tulisan saya sebelumnya bahwa Alkitab itu adalah buku  peta jalan atau istilah kerennya buku Alkitab ini adalah sebagai GPRS penunjuk  alamat Tuhan. Tuhan Yesus berkata : Akulah jalan Kebenaran dan Hidup…dst.  Jadi pemandu anda dan saya  ke sorga hanya satu  adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri.

Saya pernah  menjelaskan pada tulisan saya yang lalu bahwa buku peta jalan atau Alkitab ini begitu tebal ada ribuan ayat dan ada  ucapan ucapan manusia di dalamnya dan dikutip juga ucapan ucapan Iblis, saudara tidak akan menemukan jalan menuju surga tanpa memilih siapa yang ucapan ucapanNya menjadi narasumber atau pemandu buat kita. Nah di sinilah masalahnya apakah saudara sudah memiliki  buku peta jalan itu? Tentunya semua orang Kristen sudah pasti memiliki Alkitab baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk  handphone, bentuk petanya tidak ada masalah saudara, YANG PENTING ADALAH KEBENARAN ISINYA.

Yang menjadi pertanyaan apakah buku peta jalan ini sudah dibaca seluruhnya oleh saudara. Ini penting sekali saudara!  Karena PADA KENYATAANNYA BANYAK KEKELIRUAN  dalam hal MENGGUNAKAN PETA JALAN INI. MAKA TERJADILAH apa yang dinamakan MALPRAKTEK, salah mempraktekan fungsi yang sebenarnya dari Alkitab ini. Karena ketidak tahuan akan fungsi Alkitab ini akhirnya saudara dibimbing oleh PEMANDU GADUNGAN atau NARASUMBER YANG SALAH.

Apa akibatnya? SANGAT FATAL saudara! Akibatnya SAUDARA TIDAK MENEMUKAN TUHAN YESUS , sebagai pemandu satu satunya yang benar. Sebab itu saya menyerukan kepada semua orang Kristen untuk mulai ambil perhatian tentang hal ini, JANGAN ANGGAP SEPELE, KARENA MENYANGKUT KEHIDUPAN KEHIDUPAN YANG KEKAL, jangan anda  sampai tertipu oleh pemandu pemandu gadungan atau  Yesus Yesus palsu zaman ini, yang justru membawa saudara ke alamat yang berseberangan dengan alamat keberadaan Yesus. Malpraktek seperti apakah yang terjadi  dalam menyalahgunakan Alkitab pada zaman ini?

Pada zaman ini  Alkitab dijadikan sebagai benda keramat, mungkin karena tidak pernah membacanya dengan benar fungsinya, akibatnya kita mengkeramatkan buku Alkitab itu dengan dalih bahwa Alkitab adalah sebuah kitab yang suci, sehingga kita mengsakralkannya, seperti  jimat atau keris sakti yang dimiliki oleh para dukun dan pesihir di dunia ini. Padahal buku ini haruslah digunakan secara benar supaya kita bisa menemukan Sang pemandu kita Tuhan Yesus Kristus.

Para pemandu gadungan/ Yesus Yesus palsu zaman ini memanfaatkan ketidak pedulian orang Kristen terhadap Alkitab dengan melakukan malpraktek seperti misalnya dipakai untuk menjadi sumber inspirasi memperoleh rejeki dengan mendengarkan khotbah khotbah inspiratif mereka yang menyenangkan telinga pendengarnya. Dan malangnya Alkitab juga dijadikan alat sarana berperakteknya dokter dokter spiritual tanda kutip tidak ubahnya seperti dukun Cuma beda medianya kalau dukun gunakan air putih dan benda magic lainnya. Sedangkan  para dokter spiritual menggunakan  label  agama dan Alkitab sebagai  alat mantera manteranya.  mereka menggunakan media Alkitab sehingga dengan mudahnya orang terkecoh apalagi dengan khotbahnya yang fasih menggunakan nama Yesus, ingat saudara Iblis adalah peniru yang sangat ulung tiada duanya.

Dengan penampilan yang mempesona yang selalu menyesuaikan diri dengan zamannya  maka Yesus Yesus palsu ini menjalankan malprakteknya. Dan orang selalu membanjiri kumpulan kumpulan mereka. Mereka tahu persis apa yang didambakan manusia di dunia ini, manusia haus akan kesuksesan, manusia tidak haus akan kebenaran, sebab itu ajaran kebenaran Yesus diplintir  menjadi ajaran kesuksesan,  di mana wujud sukses terletak pada dua hal yaitu 1. UANG/NAFKAH   2. JABATAN.

Berbeda dengan malpraktek di bidang lainnya, di mana pelakunya adalah orang yang  tidak tahu kebenaran dari apa yang dilakukannya, misalnya kita sering mendengar adanya  seorang yang bukan dokter tapi melakukan praktek dokter, maka orang tsb disebut melakukan malpraktek, sebab itu korbannya  sedikit dan terbatas. Tetapi Malpraktek yang dilakukan oleh  dokter dokter spiritual/ rohani ini jauh lebih massive dan sangat sangat berbahaya! Karena Para pemimpin agama/pemimpin spiritual ia sangat  ahli dan sangat tahu akan isi Alkitab.

Sebagai ahli kitab ia sangat tahu akan kebenaran, tetapi pada  praktek hidupnya ia mengingkari  Sang Kebenaran itu untuk tunduk melepaskan jabatan  kepemimpinannya dan mengikut Yesus, yang terjadi  malah sebaliknya  mereka mengangkat diri sebagai pemimpin dan mengajak orang menjadi pengikut agamanya bukan menjadikan orang sebagai murid Yesus. Dan sangat sulit untuk menghentikan malpraktek  jenis ini karena pengikut malpraktek jenis ini sudah  menguasai seluruh dunia.

Kekuatan agama sangatlah besar, dengan kepintaran mereka , mereka membangun kohesivitas antar pemeluk agama. Seperti yang terjadi di Negara kita ada badan kerukunan umat beragama. Tujuan badan kerukunan ini supaya bisa bersinergi dengan pemerintah sebagai kekuatan politik dan para pengusaha sebagai kekuatan ekonomi. Gagasan ini kelihatannya bagus namun sebetulnya tujuan utama adalah untuk mengamankan diri, jauh dari  prasyarat keselamatan yang diminta oleh Tuhan Yesus Kristus.

Karena pertobatan lahir baru adalah pertobatan  yang mustahil bagi mereka, yaitu kerelaan  untuk MERENDAHKAN DIRI, Ingat  Merendahkan diri tidak sama dengan RENDAH HATI.

DIMANAKAH ALAMAT YESUS DI DUNIA INI? Ingat Yesus juga telah memperingatkan para murid. Tuhan Yesus berkata bahwa pada zaman akhir banyak orang akan berkata : Aku ada di sana dan Aku ada di sini! Waspadalah!! Karena penyesatan harus lebih dulu terjadi, tetapi celakalah bagi orang orang yang melakukannya.

Saudaraku yang kekasih dalam Kristus. Bila anda mencermati keadaan zaman ini maka apa yang sudah diperingatkan oleh Kristus telah menjadi kenyataan. Bahwa banyak orang terkecoh oleh pemunculan pengkhotbah pengkhotbah terkenal zaman ini, tidak perlu saya sebutkan namanya anda tentu lebih tahu, ya mungkin saja anda  adalah salah satu pengikut atau pengagum dari nama nama  beken baik diIndonesia maupun  dikenal luas di mancanegara. Sehingga  orang serta merta mempercayainya sebagai tempat alamat keberadaan Tuhan Yesus. Justru saya berpendapat lain dengan saudara  karena Tuhan Yesus tidak ada di tempat seperti itu.

Mengapa?? Alkitab mengatakan dengan sangat jelas bahwa apa yang dikagumi manusia  dibenci  Allah dan sebaliknya apa yang dihina itulah yang dikasihi Allah. Ayat ini sinkron dengan pernyataan Yesus tentang keberadaannya di dunia yang ditulis dalam matius 25 : 31 -46.

Orang Kristen zaman sekarang ini mengukur keberadaan Yesus dalam ajaran yang salah yang diberikan oleh narasumber/ pemandu gadungan dunia ini yaitu para imam/parisi modern zaman ini. Mereka  menyangka bahwa bila ada seorang pengkhotbah besar dikagumi, punya gedung gereja yang besar  memiliki massa pengikut yang banyak dan memiliki kekayaan baik materi maupun secara intelektual maka   ia adalah hamba Kristus dan berarti di situlah alamat Kristus.

Sekali lagi saya  sangat berbeda dalam hal ini. Yang jadi pegangan saya adalah tetap pada  Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyingkapkan secara jelas  baik di matius 25 : 31- 46 maupun kitab Wahyu yang merupakan  penyingkapan akan hasil akhir atau endingnya dunia ini. Dalam kitab wahyu disebutkan bahwa orang orang pewaris surga adalah orang orang yang sangat menderita, sehingga jeritan mereka  nyaris tidak terdengar oleh dunia ini, karena manusia sibuk mengejar prestasi, pujian dan popularitas, tetapi jeritan orang yang menderita inilah yang sangat diperhatikan oleh Tuhan. Sebaliknya Orang orang hebat di dunia ini, orang orang kaya, pengusaha, Negara Negara kaya akan terkejut dengan  sekejap mereka akan dibinasakan.

Dan sangat sinkron dengan pemberitahuan awal sebelum kitab wahyu ini ditulis Tuhan Yesuspun dalam Matius 25 : 31 -46 menyingkapkan akan alamat keberadaannya. Mengapa perikop ini saya katakan sebagai perikop  tentang alamat keberadaan Tuhan? Sebab di situ digambarkan dengan jelas akan teriakan kekecewaan orang orang yang dikategorikan sebagai komunitas kambing atau dalam analogi lain disebutkan sebagai komunitas ilalang.

Mereka berteriak atas kegagalan mereka menjadi pewaris surga, justru mereka berhasil menjadi penghuni neraka. Mereka  berteriak bukan memprotes kenapa mereka gagal, tetapi mereka berteriak menanyakan  : DIMANAKAH ENGKAU YESUS? Dengan pertanyaan ini secara tidak langsung selama mereka hidup di dunia, mereka tidak pernah berjumpa dengan Yesus, dan ironisnya  bahwa mereka tidak sadar bahwa mereka  telah salah alamat.

Dan Yesuspun  dengan jujur mengatakan alamat keberadaannya di dunia ini, Ia  berkata  barangsiapa yang melayani orang yang paling hina/ paling miskin/ paling tidak berdaya, maka  berarti mereka telah MELAYANI AKU. Ingat banyak plintiran dalam mentafsirkan ayat ini dengan menambahkan kata DEMI AKU , sehingga maknanya akan jauh berbeda.

Itulah yang diajarkan oleh para parisi modern zaman ini, dimana umat Kristen dihimbau untuk menyumbang orang miskin, dan hasil sumbangan itu dibawa oleh para imam kepada orang miskin, mereka tidak sadar bahwa orang yang  dilayani itu lebih besar menurut pemandangan Tuhan, karena orang orang paling hina adalah wujud hadirat Tuhan, Sang Incarnator.

Pola ibadah ini  adalah warisan zaman perjanjian lama dan berlangsung sampai zaman Yesus dan terus berlangsung sampai zaman sekarang. Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Mudah2an pemberitahuan ini direspon dengan pertobatan yang benar, Ingat hidup saudara di dunia ini sangat singkat, bertobat tidak bertobatnya saudara tergantung benar salahnya saudara memilih alamat Surga, bila salah akan berakibat fatal! Ingat cerita orang kaya dan lazarus!

Karena isinya peringatan keras, saya mengharapkan respon anda bukanlah basa basi, tetapi bentuk ketakutan akan Tuhan dengan menanyakan : APAKAH YANG HARUS SAYA PERBUAT SUPAYA SELAMAT!  Kalimat ini akan merupakan judul artikel tulisan saya berikutnya. Selamat merespon. Amin.

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>